Keluhan Pelanggan adalah Hadiah

Keluhan Pelanggan adalah Hadiah

Teringat suasana kantor tadi pagi..baru buka warung a.k.a komputer, saya sudah menemukan 1 keluhan pelanggan, spontan saya berucap “Alhamdulillah”

Seorang teman spontan juga menjawab, “koq ada komplain malah Alhamdulillah sih”..
Dg sok bijak saya jawab: “Keluhan pelanggan adalah hadiah berupa kesempatan untuk memperbaiki diri”

Semua sepakat, bergegas kami telusuri dan upayakan solusi, walaupun banyak keluhan yg perlu waktu yg panjang serta kebijakan dari pimpinan untuk menyelesaikannya, yg kami upayakan terlebih dahulu adalah, pelanggan merasa bahwa haknya untuk menyampaikan keluhan dilindungi.

Karena, suwer, menurut kami keluhan dari pelanggan merupakan kursus gratis, perlu berapa biaya yg dikeluarkan untuk belajar tentang pelayanan, tapi dari pelanggan kita mendapatkan bagaimana cara melayani mereka dengan baik, gratis!.

Itulah yg selalu membuat kami semangat menelusuri dan menindaklanjuti keluhan, bukan untuk kami, bukan karena mereka saudara kami atau siapa kami, tapi demi pelanggan dan demi institusi ini…karena seperti doa2 sebelumnya…semoga hal ini termasuk kepada upaya memudahkan urusan saudara kami…aamiin..

Muhasabah sore…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s