Goa Pindul Jogjakarta

Goa Pindul Jogjakarta

Goa Pindul, wisaa air yang menyenangkan, menyejukkan hati, menyehatkan dan menambah rasa syukur. Berwisata ke Goa Pindul, Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kecamatan Gunungkidul Jogjakarta merupakan salah satu bagian yang paling mengasyikkan dalam perjalananku ke Jogjakarta tahun lalu. Sejak lama ingin menulis ini namun baru sempat kutulis sekarang.

Dalam tulisan di sebuah website beralamat http://www.goapindul.com disebutkan, Goa Pindul memiliki panjang sekitar 350 m, lebar hingga 5 m, jarak permukaan air dengan atap goa 4 m, dan kedalaman air sekitar 5-12 m. Goa ini memiliki 3 zona. zona terang, zona remang, dan zona gelap. waktu tempuh sekitar 45 menit.

Wisatawan dapat menikmati sejuknya air dan udara pegunungan dengan metode rafting, tepatnya cuvetubing. Teknik ini melibatkan seluruh badan bersatu dengan air dengan tubuh dialas ban karet. Perjalanan menyusuri sungai dalam goa diawali dengan berjalan menyusuri pegunungan yang indah dan sejuk. Di muka goa, pengunjung berkumpul dan berdoa bersama dan menghimpun satu kelompok. Satu kelompok berisi sekitar 10 orang. masing-masing dari kelompok memegang tangan kelompok yang lain agar dalam perjalanan menyusuri sungai wisatawan merasa lebih aman dan nyaman.

Dibantu pemandu, wisatawan yang sudah tertidur manis diatas ban karet ditarik masuk ke goa dan menikmati keindahan sungan dalam goa. Gemercik air, stalaktit dan stalagmit yang indah yang membentuk ornamen seperti lukisan dinding, kelelawar yang tidur dengan damai di dinding goa menambah suasana seru. Di perjalanan wisatawan dibuat kagum dengan stagtit dan sangat berkilau seperti sebongkah berlian menyelimutinya.

Ditengah Goa, ada sebuah ruangan yang agak besar, dengan lubang diatasnya yang warga setempat menyebut sumur terbalik, sinar matahari yang masuk melalui lubang ini membuat suasana semakin indah. Dilanjutkan dengan karang yang besar yang dapat dimanfaatkan wisatawan berselfie-ria sambil loncat. Ada juga mitos yang menyenangkan yang bernama stalagtit putting. Ini merupakan stalagtit yg masih aktif siap menantidengan tetesan airnya yang konon bisa bikin cantik n’ awet muda, bagi yg lelaki untuk menambah vitalitas telah ditunggu stalagtit jantan. masing-masing wisatawan diarahkan untuk melewati stalagtit ini agar semuanya mendapatkan tetesan airnya. Sebuah mitos yang menyenangkan, hanya sebuah mitos namun tak ada salahnya untuk dicoba ^_^.

Dan, perjalanan berakhir, tanpa terasa goa yang sangat indah ini dilewati dengan suka cita. Inilah keindahan Alam Indonesia! tak perlu ke luar negeri, cukup disini! Indonesia kita tercinta!.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s