Jangan Sepelekan Doa ‘Samara”

Jangan Sepelekan Doa ‘Samara”

us“Happy Wedding Day, semoga jadi keluarga Sakinah, Mawaddah Warahmah”

Kalimat tersebut pasti sering kita lihat di kartu ucapan selamat menikah, SMS, Ucapan melalui medsos, tulisan dalam kado pernikahan, dan banyak lagi. kalimat yang sudah biasa diungkapkan ini nampak ringan, sederhana dan mengalir begitu saja. Barangkali idak semua orang memaknainya dengan biasa saja. Padahal, doa ini sangat penting, karena ternyata dalam pernikahan akan banyak halangan dan rintangan yang merusak kesakinahan keluarga.

Sakinah, mawaddah dan rohmah, tiga kata utama tersebut merupakan istilah khas Arab-Islam yang dirujuk dari QS. Ar-Rum ayat 21. “Di antara tanda-tanda (kemahaan-Nya) adalah Dia telah menciptakan dari jenismu (manusia) pasangan-pasangan agar kamu memperoleh sakiinah disisinya, dan dijadikannya di antara kamu mawaddah dan rahmah. Sesungguhnya dalam hal yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kemahaan-Nya) bagi kaum yang berpikir.” (QS. Ar-Rum:21)

Betapa sakinah yang berarti ketenangan dalam berumah tangga, mawaddah yang berarti cinta atau harapan, dan rohmah yang berarti kasih sayang sangat didambakan oleh semua keluarga untuk hidup dengan seseorang yang akan menjadi temannya seumur hidupnya.

Cobaan keluarga bisa datang dari arah manapun. Dari isteri atau suami, dari anak, dari pangkat, dari harta, dari orang ketiga, dari lingkungan kerja, dari lingkungan tempat tinggal dan dari banyak lagi.

Ujiaan atau cobaan Allah melalui pasangan misal karakter buruk yang dimiliki oleh pasngan yang membuat kehidupan sehari-hari tidak tenang, atau gangguan kesehatan yang menyita waktu, energi, dan harta. Ujian melalui anak adalah ketika anak entah mengapa tumbuh menjadi anak yang tak berbakti, anak yang jauh dari Allah, bahkan anak yang “lupa” pada orangtuanya. Ujian dari harta adalah ketika keluarga tak pernah merasa cukup akan rizki yang Allah berikan, sebaliknya, kekayaan berlimpah yang malah membuat kufur dan takabur.

Ujian melalui kesehatan bisa jadi dengan penyakit yang Allah berikan kepada pasangan atau anak, bahkan kematian yang kadang membuat orang tua tidak ikhlas bahkan lupa bahwa anak atau orang tua adalah sebenarnya milik Allah yang bisa Allah ambil kembali kapanpun Allah mau. Ujian melalui pekerjaan adalah kesibukan yang melenakan, membuat sang ibu/ayah atau anak lupa pada anggota keluarga lain, bahkan tak jarang, pekerjaan membuat kita tergiur akan harta tak halal yang dapat kita miliki alias korupsi. Dan sangaaat banyak lagi ujian/cobaan/musibah yang sangat mungkin menerpa keluarga yang kita cintai ini.

Tetapi, jika Anda belum menikah, tidak usah takut,,,,,,karna menikah tidak sesulit itu..^_^ . Pernikahan akan indah jika dilandasi dengan niat ibadah dan kecintaan kepada yang memiliki cinta, tak lain dan tak bukan Ialah Allah SWT. Jalani segala kerikil dalam hidup dengan senyum, ikhlas dan tawakal, karena Allah tidak menurunkan ujian, cobaan dan musibah tanpa penyelesaiannya, pasti ada jalan menuju jawaban yang telah Allah sediakan atas semua ujian yang Allah kirimkan.

Sakinah Mawaddah Warahmah Inshaallah akan tercipta bagi siapapun yang siap menjalaninya. Menjadikan keluarga seluas-luasnya ladang ibadah. Suami beribadah dengan menjadi sebenar-benarnya suami, Isteri beribadah dengan menjadi sehebat-hebatnya isteri, anak beribadah dengan menjadi sebaik-baiknya anak. Keluarga adalah amanah, menjaga amanah yang Allah karuniakan adalah bentuk rasa syukur atas kado terindah yang Allah kirimkan pada kita. Bertumpu pada Allah dalam semua kegiatan berkeluarga menjadikan keluarga benar-benar menjadi keluarga yang Samawa.

Lantas, doa Samawa adalah doa yang benar-benar dinantikan dan  diperlukan sebagai amunisi insan dalam berumah tangga. Semoga keluarga kita senantiasa dianugerahi kedamaian, ketenangan, cinta, harapan dan kasih sayang. Amin Allahuma Amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s