Gambar

Wisata Body Rafting Citumang

Sungai Citumang, Wisata Body Rafting di Pangandaran

 

Wisata alam kini menjadi bintang lagi. Setelah pada beberapa tahun sebelumnya wisatawan relatif memilih wisata belanja ke distro, factory outlet, mall dan tempat belanja lain di kota-kota besar, kini wisata alam menjadi lebih banyak dicari. Masyarakat kota-kota besar yang telah bergelut dengan kesibukan, kelelahan, tingkat polusi yang tinggi, kini semakin banyak yang merindukan suasana alam yang menenangkan, sejuk dan segar.

Tempat wisata yang kini banyak digemari adalah wisata air dengan kegiatan rafting, arung jeram, body rafting dan kegiatan lain. Salah satu tempat wisata yang menyajikan tempat yang indah dengan kegiatan unggulan body rafting adalah Sungai Citumang, Pangandaran. Beberapa saat lalu, tim redaksi sauyunan mengunjungi berbagai area Wisata di Sekitar Pangan Daran seperti pantai batu karas, pantai pangandaran dan terakhir Sungai Citumang.

Adalah Sungai Citumang, terletak jauh di pedalaman Cijulang, Pangandaran. Perjalanan ke Sungai Cituman dari Pangandaran ditempuh sekitar 1 jam. Melalui pemandangan di kiri dan kanan yang indah wisatawan disuguhi dengan udara yang sejuk dan segar. Sesampainya di Citumang, kondisi ruang penyambutan wisata memang belum terlalu baik, karena pasalnya Citumang dikomersilkan belum terlalu lama. Sungai yang tenang ini terletak di Desa Bojong, kabupaten Ciamis, sekitar 15 km sebelah barat Pangandaran. Nama Citumang, berasal dari penduduk setempat yang percaya bahwa ada buaya  yang kakinya patah tinggal di sungai ini. Nama buaya tersebut “Si Tumang”, maka sungai ini diberi nama Citumang.

Sungai Citumang berada ditengah-tengah hutan hijau yang airnya relatif masih jernih. Dihiasi oleh bebatuan yang berderet dipinggir sungai yang dapat digunakan wisatawan berpijak dan menepi saat lelah mengikuti arus. Selain batu, cabang-cabang pohon dan semak-semak juga membuat wisatawan merasa sejuk dan teduh.

Satu hal yang unik adalah aliran sungai menuju gua yang menakjubkan yang bisa dimasuki wisatawan dan lompat dari atas stalaktit. Arus yang tersedia disungai ini bervariasi, dimulai dari deru air yang keras saat arus kencang dan menabrak batu di kedalaman ½ meter dan mengundang adrenalin naik, diakhiri dengan arus tenang dengan kedalaman sungai mencapai sekitar 14 meter.

Kegiatan body rafting adalah rafting yang tanpa menggunakan perahu karet, melainkan meganyutkan diri dengan menggunakan pelampung. Kegiatan diawali dengan berfoto dan berdoa bersama. Setelah semua wisatawan siap, formasi wisatawan dibentuk grup yang berisi 15 orang. Masing-masing membentuk formasi kaki ulat yaitu posisi duduk dengan berbaris di air dimana orang yang didepan memegang kaki orang yang dibelakangnya. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan an kenyamanan wisatawan selama berada dalam air. Formasi ini dilakukan selama didalam arus yang tenang, sedangkan saat melewati arus yang deras wisatawan di minta berjalan sambil berpegangan tangan, atau berenang jika memungkinkan.

Di tengah rute, wisatawan menemukan sebuah air terjun yang ditemani oleh pohon besar yang akarnya menjuntai. Tempat ini merupakan tempat yang tepat untuk bermain dengan adrenalin Anda, bergelantungan di ranting pohon seperti Tarzan dan terjun ke dalam air. Ketika Anda berjalan lebih jauh mengikuti aliran air, Anda akan menemukan sebuah keajaiban alam yang langka. Air sungai masuk kedalam tanah dan muncul kembali di hilir sungai seperti sistem ledeng.

Berwisata ke alam seperti ini dapat meregangkan otot-otot kita yang selama ini kaku menjalankan aktivitas yang sangat padat dan penuh tekanan. Kenikmatan alam juga dapat dimanfaatkan untuk mengajari wisatawan mengenai nilai-nilai tentang alam & pentingnya menjaga lingkungan. Selain itu, nilai yang dapat diambil dari perjalanan di Citumang itu adalah rasa setia kawan yang tinggi dan perasaan saling menjaga keselamatan antar anggota kelompok, dan masih banyak nilai lagi.

Indonesia memang memiliki keindahan yang tiada tara. Tidak harus ke luar negeri, bangsa Indonesia maupun mancanegara dapat mengunjungi tempat-tempat yang indah di seluruh wilayah di Indonesia. Inilah kenikmatan dan keindahan yang dianugerahkan kepada negara kita, Indonesia Tercinta.

Melakukan aktifitas menyenangkan diluar rutinitas dapat membantu badan kita mendapatkan relaksasi. Dalam sebuah tulisan dalam website sebuah studi yang dilakukan di National Heart, Lung & Blood Institute di Bethesda, Maryland mengatakan bahwa wanita yang bepergian keluar kota (dua kali atau lebih dalam satu tahun) berkemungkinan mencegah sakit jantung delapan kali lebih kecil daripada mereka yang tidak. Studi lain yang diterbitkan oleh jurnal Psychosomatic Medicine, mengatakan wanita yang sering berekreasi memiliki lingkar pinggang yang lebih kecil dan indeks masa tubuh yang rendah. Tidak berhenti sampai di sana, studi mengatakan bahwa orang yang sering berlibur memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

Penelitian lain menyatakan, liburan bisa membuat performa kerja Anda menjadi lebih baik lagi di kantor. Dengan tingkat kegembiraan yang tinggi serta pikiran yang segar maka seseorang akan lebih siap untuk kembali bekerja.

3 thoughts on “Wisata Body Rafting Citumang

  1. ngebahas keindahan lokasi wisata citumang pangandaran emang kayanya ga pernah ngerasa cukup.selalu saja msh ada yg kurang terjabarkan semua dgn segala perasaan yg pernah kita rasakan saat menyusuri lokasi wisata yg satu ini. by the way.. its a great blog sista. penyusunankata yg harmonis nya melahirkan perasaan hanyut terus sampe paragraft terkahir. salut..keep write up..thank u for sharing.
    sekedar info..kini pangandaran di juluki juga sebagai “negeri seribu goa” dgn di ketemukannya berbagai potensi wisata caving dan sungai bawah tanahya. diantaranya yg telah resmi di buka adalah :
    1. goa sinjang lawang ( green cave )
    2. curug taringgul ( green coral )
    3. curug santirah
    4. curug bojong ( valley of rock )
    5. goa keraton ( goa lanang )
    6. goa petir
    utk info detai mengenai harga dan lokasi wisata tsb please feel free to surf at my web http://alampangandaran.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s