100 Hari Jokowi-JK

100 Hari Jokowi-JK

Mengawali tulisn saya, saya teringat komentar seorang tokoh politik yang berkata “Jokowi Presiden Prematur”. itulah yang didengung-dengungkan masyarakat saat musim kampanye Pilpres yang lalu. Mereka berpikir, kehebatan Jokowi belum teruji karena belum tuntas memimpin DKI. Jika-pun Jokowi berhasil memimpin DKI dan menghasilkan segudang prestasi, Indonesia jauh lebih rumit dari DKI, jauh lebih luas dan kompleks.

Ternyata benar saja, ke-prematuran Jokowi sangat terlihat ketika Ia memutuskan dan menyelesaikan masalah. Banyak yang berpendapat Jokowi tidak bisa lepas dari bayang-bayang partai, Jokowi terlalu menjadi pegawai partai. Dan ini pula yang ditakutkan para pengamat jika sampai Jokowi terpilih, mereka khawatir Jokowi hanya akan menjadi “boneka”nya seseorang.

100 hari memimpin, banyak gebrakan yang dilakukan Jokowi-JK, beberapa diantaranya:

1. Membentuk kabinet gemuk (saat kampaye ia janji akan membuat kabinet yang ramping) yang diisi oleh orang-orang terdekat (partai dan koalisi). Padahal saat kampanye ia berjanji membuat koalisi tanpa syarat. Kementerian jadi semakin aneh dan bertambah.

2. Ancaman bagi para pencuri ikan dengan menenggelamkan perahu asing

3. Menolak permohonan keringanan dari terpidana mati narkoba sehingga harus di tembak mati

4. Mengangkat hakim agung dari orang parai nasdem. Merupakan tindakan presiden yang cenderung sangat tidak bijak

5. Mengangkat Watimpres (Dewan Pertimbangan Presiden) dari orang partai koalisi dan orang terdekat Megwati

6. Mengangkat hakim agung dari kalangan partai. Merupakan hal yang sangat ganjil seorang presiden mengangkat pimpinan penegak hukum bukan dari kalangan independen tp dari kalangan partai pendukung

7. Mengajukan dan akan melantik calon Ketua Polri yang bermasalah dengan kasus korupsi

8. Menaikan BBM lalu menurunkannya lagi dengan harga yang tetap lebih mahal dari harga awal. Tetapi harga-harga sudah terlanjur naik dan enggan turun.

9. Lambat mengatasi permasalahan Cicak versus Kebun binatang (KPK vs Polri, Pejabat daerah, dll)

Mungkin masih banyak lagi prestasi yang dibuat Jokowi-JK yang tidak saya sebutkan, jika perlu, Anda bisa menambahkan prestasi Jokowi-JK di kolom komentar. namun setidaknya itulah pengetahuan saya sebagai rakyat yang awan politik. Memang baru 100 hari ia bekerja, semoga 100 hari yang mengecewakan ini bukan cerminan dari 5 tahun masa jabatannya. Jika Joko-JK masih diberi amanah memimpin sampai 5 tahun, semoga Allah memberi hidayah padanya dan pada kita semua sehingga  menurunkan pertolongannya kepada bangsa ini, menyelamatkan bangsa ini dari kehancuran, bencana, kebodohan, dan kemiskinan yang menyengsarakan. Amin.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s