Humas Pemerintah Masa Kini

Humas Pemerintah Masa Kini

Era awal tahun 2000an Humas di instansi pemerintahan kurang memiliki peranan penting. Bagian Humas hanya dijadikan “pelengkap penderita” dalam suatu lembaga. Tugasnya masih jauh dari ideal, seperti sekedar menerima tamu (resepsionis) dan mengantarkannya ke pimpinan, mencatat keluar masuknya surat, mengkliping koran, bahkan tak jarang mendapat tugas menyajikan minuman kepada tamu. Pada masa itu, di kebanyakan instansi pemerintah, humas hampir tidak memiliki “suara” untuk berpendapat, padahal selayaknya humas memberikan masukan kepada pimpinan untuk membantu pimpinan dalam mengambil keputusan.
Tetapi, lain dulu lain sekarang. Di era kemajuan teknologi informasi ini tugas pokok dan fungsi Humas semakin “menggigit”. Dari mulai kliping, mengelola pesan yang akan disampaikan pimpinan, mengelola berbagai media informasi, mengelola hubungan baik dengan media, menginisiasi pertemuan-pertemuan yang berhubungan dengan komunikasi, menjadi EO (protokoler), dan banyak hal lain.
Walaupun bernaung di Pemerintahan, Humas pemeritah pada umumnya tidak bersifat politis. Bagian humas di pemerintahan dibentuk untuk mempublikasikan ataupun mensosialiasikan kebijakan-kebijakan instansi yang menaunginya. Beberapa informasi yang rutin diberikan oleh humas pemerintah diantaranya kebijakan, rencana-rencana, serta agenda dan hasil kerja institusi yang dapat mempengaruhi pengertian, pemahaman serta tingkah aku publiknya. Selain memberikan informasi ke publik eksternal, humas juga harus memberikan informasi ke publik internal agar segala kebijakan manajemen dapat sampai secara baik kebawah, dan informasi dari bawah-pun dapat diterima baik oleh pimpinan. Hal ini pening dilakukan agar tidak ada “gap” antara pelaksana di level bawah dengan pimpinan (manajemen).
Humas juga dituntut untuk memberi masukan dam saran bagi para pejabat tentang segala informasi yang diperlukan dan reaksi atau kemungkinan reaksi masyarakat akan kebijakan institusi, baik yang sedang dilaksanakan, akan dilaksanakan ataupun yang sedang diusulkan.
Tugas pemerintah memang sangat berat , sebab masyarakat yang dihadapi terdiri dari berbagai public dengan kepentingan yang sangat kompleks pula. Hal ini memang tidak lepas pula dari “karakteristik”yang melekat dalam setiap program pemerintah antara lain sbb :

  • Program pemerintah ditujukan untuk masyarakat luas. Dengan berbagai latar belakang, karakter, ekonomi, pendidikan yang beragam.
  • Seringkali hasilnya abstrak,yang sulit dilihat dalm waktu dekat bahkan panjang sekalipun karena sifatnya yang integral dan berkesinambungan.
  • Progaram pemerintah selalu mendapat pengawasasn dari berbagai kalangan,terutama pers, LSM dan sebagainya.Mereka sangat berperan dalam proses penyadaran masyarakatmengenai permasalahan mereka.

Karakterstik itulah yang dapat dijadikan latar belakang mengapa humas pemerintahan perlu diterapkan dan dikembangkan secara professional. Namun tugas yang berat tersebut ternyata masih ditambah dengan hambatan penerapan humas yang ideal di pemerintahan.

Beberapa tugas pokok Humas di instansi pemerintahan diantaranya:

Menjadi Pusat informasi

  1. Memberikan penerangan kepada masyarakat tentang kebijakan, lagkah-langkah dan tindakan-tindakan yang diambil Pejabat di lingkungan Rumah Sakit serta memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa informasi yang diperlukan secara terbuka, jujur dan objektif.
  2. Memberikan/menyampaikan informasi kepada media massa mengenai kebijakan, langkah-langkah, tindakan, kebijakan Pejabat di lungkungan kerjanya termasuk peliputan untuk acara-acara penting.
  3. Mensosialisasikan kemajuan yang telah dicapai dalam pembangunan kesehatan di bidang pelayanan kepada masyarakat luas.
  4. Memonitor pendapat umum tentang kebijakan, langkah-langkah dan tindakan-tindakan yang diambil Pejabat di lingkungan kerjanya sebagai masukan kepada Pejabat di ligkungan kerjanya untuk pengambilan keputusan.

Adapun fungsi humas sebagai berikut:

a) Membina hubungan baik dengan konsumen (Customer Relations)

  • Mengkomuniasikan kebijakan Direksi kepada masyarakat melalui berbagai media dan saluran komunikasi sehingga masyarakat memahami kebijakan tersebut.
  • Memberikan pelayanan informasi masyarakat dengan komunikasi dua arah dan terpadu serta memberikan nasihat kepada pimpinan demi kepentingan publik.
  • Menjadi penghubung yang efektif dalam menjembatani kepentingan organisasi di satu pihak dan menampung aspirasi serta memperhatikan keinginan masyarakat/konsumen.
  • Membangun dan memelihara citra yang baik.
  • Memantau public opinion (opini publik)
  • Menerima dan menyelesaikan komplain dari pelanggan

b) Membina Hubungan baik dengan Media Massa (Media Relations)

  • Mengelola data informasi & dokumentasi untuk dipublikasikan melalui media massa, serta menjawab pertanyaan/kebutuhan media massa dalam hal peliputan.
  • Membina hubungan yang timbal balik dengan media massa.
  • Menyelenggarakan berbagai acara/program sebagai strategi membina hubungan baik dengan madia massa.
  • Membangun dan memelihara citra RSHS yang baik dimata pemerintah
  • Melakukan protokoler yang tepat/sesuai dengan peraturan & perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, khususnya Kementerian Kesehatan.

c) Membina Hubungan baik dengan pemerintah (Government Relations)

  • Humas memiliki tugas dan fungsi menyelenggarakan pelayanan sesuai visi, misi ataupun nilai yang dianut pemerintah. Selain itu, dalam pembuatan kebijakan tertentu, Humas harus berkoordinasi dengan Kementerian tertentu, Pemerintah daerah, dan lain sebagainya, sehingga sangat penting bagi Humas membina hubungan baik antara RSHS dengan pemerintah demi tercapainya efektifitas komunikasi sehingga mempermudah kebijakan dan pelayanan.
  • Membina hubungan baik dengan pemerintah dapat dilakukan dengan komunikasi yang baik, pemanfaatan media komunikasi, protokoler yang sesuai aturan, dan lain sebagainya.

d) Menjalin hubungan baik dengan pegawai (Employee Relations)

  • Menjadi media perantara dalam pemberian informasi dari bottom management ke top management, dan sebaliknya, dari top manajemen ke bottom management dengan memanfaatkan media informasi yang dimiliki.
  • Berperan serta dalam menciptakan iklim yang kondusif dan dinamis untuk memelihara stabilitas program di tempatnya bekerja

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s