Peranan Petugas Humas (PRO)

Peranan Petugas Humas (PRO)

Walaupun peran Humas di perusahaan ataupun instansi pemerintahan beberapa tahun terakhir ini telah berkembang, namun masih banyak lembaga yang belum memposisikan humas sesuai dengan fungsinya. Hal inilah yang mengakibatkan tujuan-tujuan kehumasan tidak terealisasi. Humas, walapun besar manfaatnya masih dianggap “kecil” dan hanya disejajarkan dengan lapisan karyawan ke-2 dari bawah. Pimpinannya-pun msih ditempatkan di level terbawah dalam suatu struktur pemimpin (jika di PNS eselon 4). Padahal, peranan Humas sangat besar dan erat kaitannya dengan perkembangan suatu perusahaan/lembaga dimana Humas itu bernaung.

Perusahaan-perusahaan yang berkembang salah satunya adalah karena dukungan dari Petugas HUmas yang berkualitas. Untuk mendudukkan humas pada posisi yang seharusnya, kita harus mengetahui sebetulnya apa sih peranan humas di suatu perusahaan/lembaga?

Menurut beberapa literatur, peranan Humas dapat dibedakan menjadi 2, yakni peranan manajerial atau yang dikenal dengan peranan di tingkat messo (manajemen). Peranan yang pertama ini dapat diuraikan menjadi tiga peranan, yaitu expert pereciber communication, problem solving process facilitator dan communication facilitator. Peranan yang kedua adalah peranan teknis.

Penjelasan dari ke-4 peranan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Expert Communicator

Petugas PRO dianggap orang yang paling ahli dapam komunikasi. Dia menasehati pimpinan/organisasi dalam mengambil kebijakan dan menyampaikan keijakan tersebut terhadap berbagai publik. Hubungan mereka diibaratkan seperti hubungan dokter dengan pasien.

2. Problem Solving Procces Fscilitator

Maksudnya Petugas Humas melibatkan diri dan bahkan dilibatkan dalam setiap ada masalah dalam manajemen (krisis). Dia menjadi anggota dalam setiap tim manajemen krisis yang dibentuk, bahkan bila memungkinkan dan cakap secara personal dia dapat dijadikan leader dalam penanganan krisis manajemen tersebut.

3. Communication Facilitator

Petugas Humas sebagai media/jembatan komuniksi antara publik dengan perusahaan. Sebagai media yang berada ditengah-tengah dua strata tersebut bila terjadi kesalahan komunikasi (misscommunication). Dia menjadi yang paling “pandai” dalam menyampaikan segala masukan dari “bawah” kepada pimpinan dan dari publik eksternal kepada internal dengan memanfaatkan berbagai media komunikasi yang ada dengan sekreatif mungkin.

4. Technician Communication

Petugas Humas dianggap sebagai pelaksana teknis yang menyediakan dan mengaplikasikan berbagai strategi komunikasi dan layanan lain di bidang kehumasan.

Jika Anda menemukan peranan yang lain, tolong disampaikan ya…kita berbagi..:)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s