Tips menjadi pegawai teladan

Tips menjadi pegawai teladan

Tak pernah puas dengan pekerjaan?

Pekerjaan adalah amanah, dan amanah itu, titipan dari Allah yang harus dijaga sebaik-baiknya. Begitu halnya dengan tugas kita di kantor.  tempat kerja merupakan tempat kita bernaung mencari nafkah halal dan beribadah, untuk itulah kita selalu berusaha berbuat sebaik-baiknya. Namun, diperjalanan tugas kita terkadang banyak menemukan kendala. Misalnya, ketidakcocokan dengan pimpinan, teman satu ruangan “jutek”, beban pekerjaan yang sangat banyak, merasa gaji tidak cukup, hasil pekerjaan tidak seperti yang diinginkan, dll. Untuk menanggulangi berbaigai masalah tersebut, barangkali tips dibawah ini dapat membantu:

  1. Jangan biarkan lingkungan mempengaruhi sikap kita, tapi buatlah sikap kita mempengaruhi lingkungan. Bersikaplah positif, ceria dan bersemangat dan lingkungan akan berbuat yang sama terhadapmu.
  2. Sibukkan diri dengan pekerjaan tapi “relax” jangan buru-buru, dengan menyibukkan diri dengan pekerjaan Anda tidak akan punya waktu untuk mengeluh ataupun merasa tidak nyaman dengan lingkungan.
  3. Lakukan pekerjaan dengan ikhlas dan penuh senyum. Berbagai penelitian membuktikan senyum dapat mengendurkan urat saraf, dan dapat menurunkan tekanan darah.
  4. Jika ada hal yang kurang berkenan dihati sampaikan kepada yang bersangkutan dengan tenang dan bijaksana. Hati-hati menceritakan kekesalan kepada orang yang tidak tepat, karena bisa jadi malah menambah masalah atau membuat emosi kita semakin meledak-ledak.
  5. Merasa gaji tidak cukup?. Sampaikan keluhan Anda ke media komunikasi yang ada dikantor Anda sebagai bentuk ikhtiar. Setelah itu, tetap lakukan pekerjaan sebaik-baiknya dan percaya “apa yang kita tuai adalah apa yang kita semai”.
  6. Cari aktifitas menyenangkan di kantor untuk menambah semangat bekerja, misalnya aktif di komunitas tertentu, baik bidang olahraga, kesenian, hobi, dan lain sebagainya.
  7. Jika benar-benar sedang jenuh, ambil cuti selama beberapa hari dan ciptakan suasana menyenangkan agar kembali segar setelah masuk kerja lagi.
  8. Buat pekerjaan menyenangkan dengan mendengarkan musik, sekali-kali berseloroh dengan teman, dll.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s