Pengertian Komunikasi Politik

Pengertian Komunikasi Politik

Menulis tentang politik jadi teringat kumpulan teori komunikasi politik yang dulu saya pakai di skripsi saya. Saya share disini beberapa pengertian komunikasi politik ya…semoga bermanfaat…

Secara sederhana, komuniaksi politik menurut Ramlan Surbekakti (1992:19) adalah “proses penyampaian informasi mengenai politik dari pemerintah kepada masyarakat dan masyarakat kepada pemerintah.” sedangkan menurut Robet E. Danton (1985:15) “Political communication is public discussion about the allocation of public resources (money), official outhority (who decides), and official sanetions (what is to by rewarded or punished). Bagi Danton, komunikasi politik tidak lebih dari stuggle for power yang diangkat dalam ruang public (public sphare). Rebutan kekuasaan dan kepentingan atas berbagai “sumber” daya politik merupakan realitas simbolik dalam komunikasi politik.

Pengertian lain dikemukakan oleh Sumarno dan Didi Suhandi, (1993:3). Komunikasi politik adalah komunikasi yang diarahkan kepada pencapaian suatu pengaruh sedemikian rupa, sehingga masalah yang dibahas oleh jenis kegiatan komunikasi ini, dapat mengikat semua warganya melalui suatu saksi yang ditentukan bersama oleh lembaga-lembaga politik”.

Pengertian dari soesanto tersebut dilengkapi oleh Kantraprawira yang mendefinisikan komunikasi politik dari aspek kegunaannya. Menurutnya komunikasi politik berguna untuk “menghubungkan pemikiran politik yang hidup dalam masyarakat, baik pikiran intra-golongan, institut, organisasi, ataupun sektor kehidupan politik masyarakat dengan sektor pemerintahan.

Dari kedua pengertian tersebut, uhtadi menyimpulakn dalam bukunya Komunikasi Politik Indonesia Dinamika Islam Politik Pasca Orde  Baru bahwa komunikasi politik hanyalah sebuah proses pra-politi. Ia mempersiapkan kondisi politik yang kondusif bagi suatu kepentingan tertentu. Karena itu, seperti diaktakan Rush dan Althoff (1997:24), Komunikasi politik memainkan suatu peranan penting di dalam suatu sistem poltik. Komunikasi politik merupakan eemen yang dinamis, dan menjadi bagian yang menentukan dari proses-proses sosialisasi politik, partisipasi politik, dan rekrutmen politik.

Selanjutnya, terdapat pengertian yang menerangkan tentang unsur-unsur terpenting dalam komunikasi politik. Pengertian komunikasi politik ini dipaarkan oleh Carl. Hovland, yaitu upaya sistematis dari mereka yang terlibat politik untuk merumuskan segera asas-asas penyampaian informasi politik serta pembentukan pendapat dan sikap (opini publik). Pengertian Hovland ini menerangkan bahwa yang dijadikan objek komunikasi politik bukan saja penyampaian informasi, tetapi juga pembentukan pendapat umum (public opinion) dan sikap publik (public attitudes) yang dalam kehidupan sosial dan kehidupan politik memainkan peranan amat penting.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s