Yuk Stop Merokok!

Yuk Stop Merokok!

Berbicara masalah rokok, Indonesia adalah negara dengan jumlah perokok ke-3 terbesar setelah Cina dan India. Fokus Kemkes tahun 2011 ada 2 yaitu penanganan HIV/AIDS dan penyakit terkait rokok, mengingat capaian dalam kedua hal tersebut masih jauh dari harapan dan Menkes menghimbau para Gubernur untuk segera mengeluarkan kebijakan Kawasan Tanpa Rokok di wilayah kerja masing-masing untuk bisa mengurangi jumlah perokok (Pernyataan Menkes dalam siaran pers tanggal 1 Februari 2011). 

Menurut WHO rokok adalah pembunuh yang akrab di sekeliling kita, karena setiap 6 detik, satu orang meninggal akibat merokok. Konsumsi rokok dan tembakau merupakan salah satu faktor risiko utama terjadinya berbagai penyakit tidak menular seperti kardiovaskuler, stroke, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), kanker paru, kanker mulut, dan kelainan kehamilan. Penyakit tidak menular tersebut saat ini merupakan penyebab kematian utama di dunia, termasuk di Indonesia. Pada sebatang rokok yang dibakar terkandung lebih dari 4.000 senyawa kimia, 43 di antaranya bersifat karsinogen (penyebab kanker) pada manusia dan mengandung nikotin yang bersifat adiktif.

Data RISKESDAS tahun 2010 menguraikan lebih dari sepertiga penduduk berisiko mengalami gangguan kesehatan seperti kanker, penyakit jantung dan penyakit akibat gangguan pernapasan karena rokok. Adapun penduduk yang merokok pada kelompok umur 45-54 tahun 32,2% dan pada penduduk laki-laki umur 15 tahun ke atas 54,1%. Data tersebut juga mengatakan 43,3 % orang Indonesia pertama kali merokok pada usia 15-19 tahun, bahkan 1,7 % memulai merokok pada usia 5-9 tahun.

Data Global Youth Survey (GYTS) Indonesia tahun 2006 menunjukkan lebih dari 1/3 (37,3%) pelajar merokok, lebih tinggi pada anak laki-laki (61,3%) dibandingkan dengan anak perempuan (15,5%).

(dikutip dari Buku Panduan HTTS 2010 Kemkes RI)

Inilah cerminan bahaya merokok yang mengancam generasi muda kita, sehingga kita perlu meningkatkan komunikasi, informasi dan edukasi terhadap generasi muda serta regulasi terbaik yang mendukung perlindungan terhadap generasi muda dari bahaya merokok.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s