Gizi Seimbang, Kunci Tubuh Sehat

Gizi Seimbang, Kunci Tubuh Sehat

Makanan adalah salah satu kebutuhan dasar manusia. Makanan berguna untuk tubuh  karena didalam makanan terkandung berbagai macam nutrisi penting. Dewasa ini banyak sekali jenis  makanan yang beredar di pasaran. Meskipun demikian, kita perlu memperhatikan dan memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi. Tubuh memerlukan asupan gizi seimbang yang dapat diperoleh melalui makanan yang tepat. Makanan dengan gizi seimbang akan lebih menyehatkan tubuh, karena zat-zat penting yang diperlukan oleh tubuh akan terpenuhi. Makanan bergizi seimbang akan mensuplai tubuh manusia dengan zat tenaga, zat pembangun, dan zat pengatur yang sesuai dengan kebutuhan.

Zat-zat Penting Bagi Tubuh

Kita dapat memperoleh zat tenaga dari makanan-makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak. Nasi sebagai makanan pokok orang Indonesia adalah salah satu sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh. Tidak hanya nasi, kita juga dapat memperoleh karbohidrat dari singkong, ubi, sagu, jagung, dan sebagainya.

Selain makanan –makanan sumber tenaga, kita juga memerlukan makanan sumber protein sebagai zat pembangun. Baik sumber protein hewani maupun nabati, keduanya sama pentingnya. Protein hewani bisa diperoleh dari daging, hati, ikan, telur, susu dan hasil olahannya. Sedangkan protein nabati bisa diperoleh dari kacang-kacangan, tahu dan tempe. Vitamin dan mineral juga tak kalah pentingnya untuk tubuh kita. Sumber vitamin dan mineral terdapat pada sayuran dan buah-buahan segar.

 Seringkali kita malas untuk menyantap berbagai jenis makanan dalam menu sehari-hari. Sebagian dari kita mungkin hanya menyukai salah satu atau dua jenis makanan saja. Biasanya kita lebih menyukai junkfood dibandingkan dengan sayur sop yang kaya nutrisi. Ada juga yang lebih menyukai sayur-mayur dibandingkan dengan daging merah. Untuk pemenuhan gizi seimbang, kita harus mulai memberanikan diri untuk menyantap beraneka ragam makanan agar tubuh tidak menyerap satu atau dua macam zat saja. . Kita dapat memasukkan nasi, ikan, bayam, tempe dan pepaya ke dalam menu harian kita. Untuk selanjutnya, kita dapat  memberikan variasi ke dalam menu selanjutnya. Kita dapat mengganti nasi dengan sagu, ikan dengan ayam, bayam dengan wortel, pepaya dengan pisang, dan sebagainya.

Dengan kombinasi makanan yang tepat, berbagai zat penting akan mudah diserap oleh tubuh sehingga kesehatan akan selalu terjaga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s