Ide Untuk Koperasi

Ide Untuk Koperasi

Tulisanku ini pernah kukirimkan ke koperasi di tempatku bekerja saat ada perlombaan ide untuk koperasi disana. Hasilnya, juara 3 pun tidak. Tapi tak apa, semoga masih ada yang terinspirasi dari ideku ini ya…

Koperasi Idol, Sebagai Duta Menabung di Koperasi”

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Sudah menjadi rahasia umum, budaya menabung dikoperasi sangat rendah bila dibandingkan dengan menabung di Bank. Hal ini dapat dilihat dari laporan RAT 2014 yang menunjukkan jumlah simpanan anggota masih relatif sedikit. Padahal dengan banyaknya anggota yang menabung/menyimpan uang di koperasi maka aset koperasi akan semakin besar, koperasi akan semakin kokoh serta berkembang, dan keuntungan yang besar akan dirasakan juga oleh anggota.

Untuk meningkatkan budaya menabung di koperasi, perlu diadakan sosialisasi yang berkesinambungan dan luar biasa. Salah satu ide yang ingin kami kemukakan adalah penyelenggaraan “Koperasi Idol sebagai ajang pencarian duta menabung di koperasi. Adapun penjelasan mengenai teknis pemilihan koperasi idol serta manfaatnya akan kami sampaikan pada bagian selanjutnya.

ISI

Permasalahan: Masih belum maksimalnya (cenderung kecil) minat anggota koperasi untuk menyimpan uangnya di koperasi.

Solusi: Meningkatkan kesadaran menabung pada anggota sehingga ketika membicarakan tabungan/simpanan, yang diingat anggota adalah koperasi, bukan bank atau lembaga lain. Salah satu upaya inovatif yang dapat dilakukan adalah menyelenggarakan pemilihan Koperasi Idol.

Manfaat : Manfaat umum: meningkatkan kesadaran anggota koperasi untuk menyimpan uang di koperasi. Manfaat khusus: Kegiatan ini akan menyita perhatian anggota koperasi yang sangat besar sehingga pesan yang ingin disampaikan akan menyentuh banyak orang dalam waktu yang serentak (efektif & efisien). Manfaat pasca kegiatan: akan terpilih Koperasi Idol yang diberi tugas dalam mensosialisasikan keuntungan menabung di koperasi dengan fokus dan profesional.

Ilustrasi Kegiatan (Alternatif)

BABAK I: Setiap anggota berhak mengirimkan tulisan mengenai promosi “budaya menabung di koperasi”. Tulisan terbaik akan dipilih, misalnya 10 besar dan akan dipresentasikan didepan juri dan penonton di babak selanjutnya.

BABAK II (10 besar): 10 penulis terbaik dipanggil dan akan tampil dalam satu panggung yang telah didekorasi dan di setting secara apik. Didepannya ada juri dan penonton. Jenis penialian: (1) presentasikan hasil tulisan dengan cara yang menarik, (2) Penampilan bakat (sebagai daya pikat) seperti menyanyi, menari, dan apapun keterampilan yang menarik. Hasilnya akan terhimpun 5 peserta terbaik.

BABAK III (5 besar): (1) di tes pengetahuan mengenai koperasi pegawai RSHS. (2) Ditanyakan motivasi peserta mengikuti kegiatan ini, dan apa yang akan dilakukannya ketika terpilih nanti. Terpilih 1 orang Koperasi Idol (Duta menabung di koperasi).

KESIMPULAN

1.    Dengan anggota yang sangat banyak, peningkatan simpanan/ tabungan di koperasi dapat meningkatkan aset/permodalan koperasi pegawai RSHS.

2.    Salah satu terobosan yang dapat diusulkan adalah penyelenggaraan kegiatan “Koperasi Idol, sebagai duta menabung di koperasi”

3.    Tujuannya adalah sebagai gerakan sosialisasi menabung di koperasi secara besar-besaran dan efektif sehingga aset koperasi lebih banyak, koperasi semakin berkembang, dan kesejahteraan anggota menjadi semakin meningkat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s