Bisnis Online yang Menggiurkan

Bisnis Online yang Menggiurkan

Pernahkah Anda membeli barang melalui online? Atau justru Anda memasarkan produk Anda melalui online? Seperti facebook, blog, website, kaskus, dan lainnya? saya yakin jawabannya ya.

Bagaimana tidak, sampai September tahun 2011 saja, Facebook mengumumkan jumlah akun penggunanya mencapai 500 juta. Bahkan Google Ad Planer menghitung, akun yang menyambangi Facebook mencapai 550 juta per bulan.

Dengan jumlah sebanyak itu, Indonesia menempati ranking ke-3 terbesar dunia dengan jumlah pemilik akun lebih dari 26 juta jiwa dan 4,2 juta pemilik akun blog. Dari angka tersebut, sekitar 80,65 persen, atau sekitar 3,3 juta menggunakan layanan Blogspot. Kurang lebih 14,5 persen, atau 599 ribu blog menggunakan layanan WordPress, dan sisanya, sekitar 4,85 persen atau 200 ribu blog menggunakan layanan lain.

Satu lagi, sarana bisnis online, situs forum komunitas maya terbesar di Indonesia yang bernama Kaskus. Kaskus memiliki lebih dari 3,4 juta pengguna terdaftar dan mendapat peringkat ke-7 paling sering dikunjungi di Indonesia.

Itulah kenyataan zaman sekarang. Era teknologi komunikasi seperti saat ini membuat segala hal efektif dilakukan dengan fasilitas internet. Modal murah, waktu efisien, dan jangkauan tidak terbatas. Peluang bisnis yang relative mudah dan murah ini mampu memberikan keuntungan besar bagi para pelaku usahanya. Mulai dari menawarkan produk dan jasa, atau sekedar pembentukan citra bahkan sarana komunikasi perusahaan dengan publik.

Bagi para pelaku usaha yang mau terjun secara maksimal keuntungan bukan cuma didapat dalam bentuk materi, tapi juga dapat berupa jaringan atau koneksi. Dalam menjalankan bisnis online, besar kecilnya keuntungan yang diperoleh tergantung oleh ketekunan serta optimalisasi website maupun media online yang digunakan.

Bisnis online banyak dijalankan oleh masyarakat, karena bisnis online memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh bisnis offline. Tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, merupakan keuntungan yang paling menggiurkan, hanya dengan 1 unit computer dan jaringan internet, bisni ini sudah bisa berjalan.

Keuntungan lainnya, adalah luasnya jangkauan pasar. Karena dengan jaringan internet, dapat membantu pemasaran bisnis yang Anda jalankan mencakup semua daerah baik lokal, nasional, maupun internasional.

Biaya operasional yang cenderung lebih murah dibandingkan bisnis offline. Bisnis online dapat dikerjakan dari rumah, disela-sela pekerjaan, menggunakan Hp, dsb.

Waktu kerja bisnis online yang tidak terbatas, bahkan nonstop 24 jam. Karena dalam menjalankan bisnis online yang bekerja adalah sistem, sehingga tugas kita sebagai pemilik usaha hanya memberikan follow up atas permintaan yang telah diterima system. Dengan demikian, pengelolaan bisnis ini menjadi mudah di jalankan. Pemilik usaha biasaya mencantumkan nomor rekening perusahaan, dan memantau keluar masuknya uang ke perusahaan Anda.

Seorang pebisnis online pemula saja, Andre (23), mengawali bisnisnya dengan menjual kosmetik. Dengan modal seperangkat laptop, jaringan internet dan stok sebesar 200rb, bulan pertama Andre bisa mendapatkan keuntungan bersih Rp 2 juta.

Atau yang paling bombastis lagi, seperti yang kita ketahui orang terkaya didunia, Bill Gates, sang empunya Window yang saat digunakan oleh pengguna computer seluruh dunia memanfaatkan online untuk bisnisnya dan “walla this is it!”…the most rich people on the world!.

Tetapi hati-hati, tidak semua orang ahli dalam bisnis ini. Pada dasarnya semua bisnis adalah bisnis kreatif. Namun, di Bisnis online, kreatifitas marketing tentu saja menjadi no 1. Karena, jika produk kita biasa saja, bahasa promosi kita biasa saja, alih-alih mendapatkan konsumen, malah mendapat kritik dari berbagai pihak dan itu berakibat fatal.

Sarana yang mudah diakses oleh berbagai kalangan ini membuat berbagai pujian dan kritikan, bahkan celaan mudah sekali meluncur ke bisnis kita. Jika satu orang saja yang mengkritik dan itu terbaca oleh orang lain, kemungkinan terburuk adalah tamatlah bisnis kita. Kecuali jika Counter attack dan manajemen krisis yang kita lakukan baik. Dengan mudah simpati akan kembali, dan bisnis berjalan lagi. Masuki dunia kreatif dengan bisnis online. (Vit)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s