Perjalanan ke ujung dunia

Perjalanan ke ujung dunia

“Mudik kmana fit? mudik ke ujung dunia?”hehe. seloroh seorang tetangga kalau tahu aku dan keluargaku akan pergi mudik. “kalo kesana yang rajin-rajin berdoa yaa…pasti cepat dikabulkan, karena kan daerahnya dekat ke langit, jadi doanya cepat nyampe ke Allah”, tambahnya sambil tertawa.

Istilah ujung dunia, memang mungkin terlalu lebay bagi kampungku di Malausma, Majalengka. Memang sih, rasanya kalau dulu istilah ini tidak terlalu salah. Karena, sekitar awal tahun 90-an akses dari bandung kesana susah, perjalanan kesana sekitar 5 jam dengan kondisi daerah dibalik gunung dan jalan berbatu yang bikin susah pengendara mobil dan motor.

Suasana disana dingin banget, jadi bikin ngantuk. Mungkin karena terletak di balik gunung, udaranya lembab dan adeeem. Bahasa penduduk disana sopan dan halus. Orang-orangnya ramah, hingga jika mobil kami datang mata mereka menyambut mengikuti gerak mobil kami. Sayangnya akses ke pasar susah, pasar cuma ada 2 hari dalam seminggu. itupun tidak lengkap. Yang saya ingat, waktu itu cari merek mie instan aja susah, yang ada merek satunya lagi yg kwalitasnya jelek..hehe…

Ya, itulah ujung dunia keluarga kita, kampung halaman papahku tercinta, kecamatan malausma kabupaten majalengka Jawa Barat. Tempat indah dimana aku dan keluarga besarku berkumpul saat lebaran dan hari-hari tertentu. Tempat abah dan nenekku tercinta tinggal.

Kini Malausma tidak sejauh dulu. Aksesnya tidak terlalu rumit seperti dulu, kalau lancar dan tidak macet 3 jam malausma sudah bisa dijangkau. Barang-barang sudah lengkap, toko serba ada mudah dicari. Namun, persaudaraan yang dilahirkan kampung itu tetap sama. Orang-orang tetap ramah dan menyenangkan, itulah Malausma-Majalengka. Tempat Nenekku almarhum kini dimakamkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s