To Do List di tahun baru

To Do List di tahun baru

Dunia ini sampai juga di angka 2011 dalam hitungan masehi, dan 1433 dalam hitungan hijriah. Dunia ini nampaknya sudah semakin tua.

Dua hari yang lalu, tepat pergantian tahun, orang-orang seperti di sulap oleh hedonitas. Uang yang telah lama ditabung dihabiskan dalam satu malam, bahkan memaksakan diri pinjam uang hanya untuk menghabiskan uang semalaman. Lapangan-lapangan besar di kota penuh dengan masa, tempat-tempat hiburan dipadati orang-orang, rumah-rumah meriah dengan asap ayam atau ikan bakar. Di sisi lain, dalam sebuah pesta tahun baru besar di tengah kota, anak-anak kecil tidur di pangkuan orang tua mereka, bergelut dengan bising terompet, petasan dan sorak sorai orang dewasa disekelilingnya.

Adapun pemerintah pusat sampai daerah, menggelontorkan ratusan juta hanya untuk membeli petasan yang dapat dinikmati paling lama lima menit. Bukan cuma itu, pagelaran seni, konsumsi dan tektek bengek lainnya mengambil porsi anggaran yang tidak sedikit. Belum pengeluaran-pengeluaran rumahan yang kalo ditotal, jumlahnya gak kalah spektakuler.

Sebagian dari anda mungkin berpikir, tak apa-apalah besenang-senang setahun sekali. Tapi sadarkah kita, banyak momen yang terjadi setahun sekali dan jika dijumlahkan dengan “acara setahun sekali” lainnya jumlahnya jadi banyak dalam setahun hehe…Misalnya ulang tahun setahun sekali, ulang tahun sahabat setahun sekali, tahun baru setahun sekali, kenaikan kelas setahun sekali, dan lain sebagainya.

Sayangnya tidak semua orang yang merayakan tahun baru mengerti dan mengaplikasikan makna dari tahun baru. Besoknya, hari-hari terjadi seperti biasa, malah mungkin lebih buruk, karena hari pertama di tahun 2012 diawali dengan tidur seharian dan tidak solat subuh,,hehe.

Jadi, bagaimana memaknai tahun baru?

Tahun baru itu merupakan masa akhir dimana harus mengevaluasi rencana jangka menengah yang telah kita lakukan di tahun sebelumnya. Sebetulnya, setiap hari itu sama saja, harus lebih baik dari hari sebelumnya. Dalam skala besar mungkin hitungan tahunan. “Barang siapa yang hari ini sama dengan hari kemarin maka dia telah merugi, dan barangsiapa yang hari ini lebih buruk dari hari kemarin maka celakalah”.

Tahun ini, saatnya mengevaluasi apa yang telah dilakukan di tahun kemarin, mewujudkan mimpi-mimpi yang tidak menjadi kenyataan di tahun kemarin, melanjutkan apa yang telah diusahakan ditahun sebelumnya, dan mengukir mimpi-mimpi baru di tahun setelahnya.

Evaluasi

Mengingat-ingat apa yang pernah kita inginkan di tahun lalu, maksudnya agar kita tahu berapa banyak impian yang telah tercapai, dan berapa banyak impian yang belum tercapai.

Jika ada yang tidak tercapai, pikirkan apa sebabnya: salah kita yang tidak maksimal, salah sistem, atau sudah maksimal tetapi Allah belum memberikan?

Mengingat-ingat nikmat apa yang telah kita dapat di tahun-tahun sebelumnya, maksudnya aga kita senantiasa bersyukur telah diberi nikmat dan masih diberi kesempatan bernafas di tahun ini.

Mohon maaf kepada orang-orang yang dirasa pernah kita sakiti di tahun yang lalu.

Menyusun strategi

Teringat sebuah mahfudhot “kejahatan yang terorganisir akan mengalahkan kebaikan yang tidak terorganisir”. Tubuh kita adalah organisasi yang punya anggota mata, telinga, hidung, mulut, kaki, dan anggota tubuh lain. Organisasi tubuh ini akan menjadi baik jika ita mengorganisir secara baik juga, dan sebaliknya. Di tahun baru ini, sesuai manajemen organisasi, mari kita susun rencana untuk menciptakan tahun terbaik dalam hidup kita. Setelah kita melakukan evaluasi, saatnya menentukan mimpi-mimpi baru dan melanjutkan mimpi-mimpi yang belum jadi kenyataan.

Dari beberapa tulisan yang saya baca, To Do List sangat penting untuk menciptakan tahun bahkan hari yang lebih baik. Mungkin gambaran umumnya seperti ini, (diadop dari to do list pribadi, hehe):

1. Meraih level di bisnis Oriflame (minimal naik level 9%, jangka panjangnya jadi manajer:))

2. Menjadi pegawai yg lebih baik, yang bisa diandalkan siapapun

3. Perbaiki minat baca lagi (Alquran & buku), (sehari minimal 1 jam untuk baca buku)

4. Server pulsa mulai aktif pertengahan Januari 2012

5. Pengen jualan pakaian juga, nambah-nambah uang makan..:)

6. OLAHRAGAAA sehari minimal stengah jam

7. Tahun ini jangan lupa zakat dan Infak tiap bulan

8. Hemat, nabung, Hemat, nabung..:)

9. Nabung buat jalan-jalan ma keluarga semester depan, n jalan2 ke luar negeri ma temen kantor tahun depan

10. Pengen ketemu jodoh di tahun ini ^_^

Bismillah, mudah-mudahan semua impian yang udah separuh jalan ini bisa segera jadi kenyataan, amiin. Sesuai janji Allah “Aku tidak akan merubah suatu kaum, sampai kaum tersebut merubahnya”. Maka jika kita mau merubah nasib kita, maka allah akan mendukung kita. Hadapi, jalani, dan nikmati. Tidak ada cara lai menghadapi hidup ini selain “semangaaat”.

Sikap pemberani tidak akan memperlambat datangnya kematian dan sikap pengecut tidak akan memperlambat datangnya kematian, jadi untuk apa jadi orang pengecut?

Tidak ada kesuksesan tanpa perjuangan, tidak ada perjuangan tanpa kerja keras, tidak ada kerja keras tanpa keihklasan, dan tidak ada keikhlasan tanpa KarenaNya..bismillahirrohmanirrohim, laa haula walaa quwwata illa billahil aliyyil ‘adzim.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s