Menciptakan kantung-kantung cadangan

Menciptakan kantung-kantung cadangan

Sebuah mahfudhat mengatakan: sebaik-baiknya manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi yang lainnya.

Hidup ini tak berarti jika kita hanya ingin terlihat baik bagi manusia. Tapi, hakikat hidup ini adalah menjadi sebaik-baik manusia menurut Allah. Ingin rasanya berusaha menjadi manusia yang bermanfaat di segala bidang. Agama, Pendidikan, Sosial, Ekonomi, dsb. Dalam masalah ekonomi, ingin rasanya dapat berbagi dengan sesama, berbagi rizki yang telah Allah titipkan padaku. Untuk itulah aku bekerja, mencari rizki halal agar dapat menjadi pribadi yang mandiri. Tapi tidak cukup hanya sampai disitu, ingin sekali aku berbagi dengan sesama, mengukir mimpi demi mimpi dan mewujudkannya.

Ahli ekonomi mengatakan: jika ingin memiliki kemandirian ekonomi, maka ciptakanlah kantung-kantung cadangan selain dari kantung yang pokok. Karena jika terjadi apa-apa dengan sumber pendapatan utama, masih ada kantung-kantung cadangan yang dapat digunakan. Jadi jika sesuatu terjadi, misalnya memerlukan biaya pengobatan keluarga, biaya pendidikan, dll, kita gak akan kelimpungan.

Maka dari itu, banyak cara yang aku tempuh untuk meraihnya. Membangun usaha-usaha kecil yang ku yakin akan menjadi besar jika kita berusaha dan Allah meridhoinya. Agak sedikit terlambat memang, tapi better late than never. Selain menjadi pegawai ingin rasanya aku membuat kantung-kantung cadangan sehingga jika satu pintu rizki sedang diuji masih ada pintu-pintu lain pada kantung-kantung yang usaha yang telah aku buat.

Untuk sementara mungkin berjualan pulsa cukup menjanjikan. Selain menjadi lebih irit aku juga jadi punya penghasilan sampingan. Memang tidak besar, tapi minimalnya cukup untuk “ngencleng” tiap harinya. Dalam ela teknologi informasi ini kebutuhan akan pulsa barangkali sudah menjadi kebutuhan primer. Pengguna Hp, Modem, bahkan Listrik pln dapat menjadi pelanggan setia yang akan membutuhkan pelayanan pengisian pulsa secara berkala. Itulah pasar kita. Berjualan pulsa juga gak memerlukan modal yang besar dan dapat dilakukan sambil melakukan pekerjaan lain. Jadi gak menyita waktu dan pikiran. alhamdulillah, walaupun usaha ini masih dalam tahap merintis, minimalnya usaha ini dapat membantuku menyiapkan salah satu kantung cadangan.

Selain pulsa aku juga berusaha mencari rizki halal dengan jalan lain, mudah-mudahan allah senantiasa meridhoi. Dengan niat yang baik, ikhtias maksimal, dan doa yang tak bosan terlantunkan, insyaallah usaha ini gak akan sia-sia. Amin…

One thought on “Menciptakan kantung-kantung cadangan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s