Mendeteksi Kanker Payudara (Just for Ladies)

Mendeteksi Kanker Payudara (Just for Ladies)

This artichel was made just for ladies…:)

deteksi kanker payudara sejak dini
deteksi kanker payudara sejak dini

Sebentar lagi hari kanker payudara, tepatnya tanggal 26 Oktober 2011. Entah karena teringat hari itu atau apa, akhir-akhir ini sering terdengar cerita-cerita menyedihkan mengenai korban kanker payudaya. Tetanggaku meninggal karna penyakit ini, pejabat sebuah dinas baru ku tahu ternyata sudah tidak memiliki payudara, banyak cerita lain yang menyedihkan mengenai penyakit ini. Jadi tertarik mencari beberapa sumber dan menuliskan beberapa hal mengenai kanker payudara.

Kanker Payudara adalah penyakit di mana sel-sel (kanker) yang ganas terdeteksi dalam jaringan payudara. Sel-sel kanker ini kemudian menyebar di dalam jaringan atau organ tubuh dan ke bagian tubuh yang lain. Gejala awal penyakit ini bias dilihat dengan adanya pengerasan pada putting payudara (bias salah satu atau dua-duanya), sebagaian dari mereka putingnya lama-lama seperti tertarik kedalam dan kemudian hilang.

Menurut Parkway cancer center, Kanker Payudara merupakan penyebab kematian terbesar kedua bagi wanita saat ini. Di Singapura, hampir setiap 1 dari 20 wanita didiagnosa mengidap kanker payudara dalam hidupnya. Wanita etnis Cina mempunyai risiko yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan wanita etnis Melayu atau India, sebesar 10-20%. Insiden yang tertinggi ada di kelompok usia 55-59 tahun. Risiko kanker payudara semakin tinggi seiring bertambahnya usia. Berita bagusnya, kini semakin banyak wanita yang berhasil mengatasi penyakit ini, berkat deteksi dini dan pengobatan yang lebih baik.

Faktor pemicu kanker jenis ini masih belum diketahui. Penyebabnya bisa berasal dari sejarah kanker payudara dalam keluarga, menstruasi dini atau kemungkinan faktor risiko lainnya. Karena sukar dipastikan, maka semua orang berisiko, khususnya ketika mereka berusia 40 tahun ke atas. Meskipun faktor-faktor penyebabnya masih belum diketahui, kesembuhan sempurna sudah mungkin terjadi berkat deteksi dini melalui pemeriksaan payudara secara teratur.

Untuk anda saudara-saudaraku sesame perempuan, mari kita pelajari cara mendeteksi kanker payudara sejak dini, dengan istilah SADARI (Periksa Payudara Sendiri).

Mendeteksi kanker payudara stadium dini sangat mudah dan bias dilakukan sendiri di rumah. Cukup beberapa menit, sebulan sekali, dengan melakukan pemeriksaan payudara sendiri.

Kondisi sebelum SADARI

  1. Sebaiknya dilakukan seminggu sesudah menstruasi, ketika payudara dalam kondisi lunak sehingga memuahkan perabaan. Untuk wanita yang sudah memasuki masa menopause bias melakukannya kapan saja sebulan sekali.
  2. Siapkan buku catatan khusus untuk mencatat hasil pemeriksaan, juga kondisi dan perubahan payudara dari waktu ke waktu.
  3. Melihat

Lihatlah apakah bentuk dan ukuran kanan dan kiri simetris

Apakah bentuknya membesar/mengeras?

Apakah arah putingnya lurus kedepan/berubag arah?

Apakah arah putingnya terletak didalam?

Apakah putting/kulitnya ada yang lecet?

Apakah kulitnya tampak tebal menebal dengan pori-pori melebur

Apakah kulitnya tampak kemerahan?kebiruan/kehitaman?

Apakah permukaan kulitnya mulus, tidak tampak adanya kerutan/cekungan?

2. Memijat

Dengan kedua belah tangan, secara lembut pijat payudara dari tepi hingga ke putting, untuk mengetahui ada-tidaknya cairan yang keluar dari putting susu (seharusnya tidak ada, kecuali anda yang sedang menyusui).

3. Meraba

Baringkan tubuh anda di atas tempat tidur, raba payudara satu persatu. Rabaan dilakukan dengan gerakan memutar (seperti membuat lingkaran kecil-kecil), mulai dari tepi payuara hingga putting susu. Lalau geserkan posisi tangan sedikit ke samping susu, dan lakukan gerakan seruba berulang-ulang.

4. Meraba ketiak

Raba ketiak dan beberapa tempat disekitar payudara untuk mengetahui adanya benjolan yang diduga suatu anak sebar kanker.

Apabila dalam pemeriksaan payudara sendiri ini Anda menemukan satu kelainan seperti benjolan, sekecil apapun, segera periksakan ke dokter. Jangan takut dan jangan tunda lagi karena kanker payudara yang ditemukan pada tahap dini dan ditangani secara benar dapat sembuh secara tuntas. Dan ingat, bahwa tidak semua benjolan yang ada itu adalah kanker.

Oh ya, satu lagi, jika nada takut memeriksakan payudara ke dokter karena takut payudara Anda dipegang-pegang yang tidak wajar oleh dokter, jangan khawatir, sekarang, jika diperiksa dokter selalu meminta saksi, sehingga tidak akan ada penyimpangan yg dilakukan dokter seperti yang sebagian orang risaukan.

Melakukan SADARI ini bukan berarti menunggu tanda-tanda datangnya indikasi kanker, tetapi merupakan ikhtiar kita untuk mendeteksi jika seandainya (naudzubillahi min dzalik), kita bisa mengobatinya dari awal. Selamat mencoba ya teman-teman, semoga kita semua dan orang-orang yang kita cintai terhindar dari penyakit ini. amiin

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s