Contoh Press Release

Contoh Press Release

Saat mengikuti pelatihan Journalism for Public Relations saya tercerahkan dengan beberapa hal, diantaranya adalah kekuatan writing yang mutlak harus dimiliki PR officer atau staf humas. PR masa kini adalah PR yang energik, pandai merangkai kata dan yang paling penting pandai mengambil momen. Mengambil momen disini adalah bagaimana caranya seorang PR memanfaatkan situasi sebaik-baiknya untuk mempublikasikan, menjamin arus komunikasi, meningkatkan citra, dll.

Prakteknya misalnya Press Release. PR yang tangkas itu harus rajin-rajin mengirim press release ke media, bukan hanya event-event besar saja. Semua hal bisa dijadikan bahan Press Release. Setiap moment penting maupun tidak penting dirangkai menjadi kata-kata yang penting dan menarik. Manfaatnya: hubungan perusahaan/instansi dengan media akan semakin baik dan berujung kepada pembentukan citra yang positif.

Press Release atau siaran pers menurut Soemirat dan Ardianto (2004) adalah informasi dalam bentuk berita yang dibuat oleh Public Relations (PR) suatu organisasi/ perusahaan yang disampaikan kepada pengelola pers/ redaksi media massa (tv, radio, media cetak, media online) untuk dipublikasikan dalam media massa tersebut.

Adapun di era teknologi multimedia saat ini, press release setiap harinya atau sesering mungkin dapat di publish di website yang kita punya, atau diposting dimedia online manapun, termasuk media jejaring sosial. Bagi sebagian kalangan cara ini efektif untuk menumbuhkan, memperbaharui, mempertahankan bahkan membentuk citra positif di masyarakat.

Penulisan press release layak muat apabila cara menulisnya seperti halnya wartawan menulis berita langsung (straight news) dengan gaya piramida terbalik (inverted pyramid). Dimulai dengan membuat lead/ teras berita/ kepala berita sebagai paragraf pertama yang mengandung unsur 5W + 1H (What: apa yang terjadi? Where: dimana terjadinya? When: kapan peristiwa tersebut terjad? Who: siapa yang terlibat dalam peristiwa tersebut? Why: mengapa peristiwa tersebut terjadi? How: bagaimana berlangsungnya peristiwa tersebut?).

Berikut ini contoh press release yang pernah saya terima dari perusahaan ternama di Indonesia:

Penghargaan merk terbaik Top Brand Award 2009

Telkomsel Pertahankan “The Best Brand” Satu Dekade

Jakarta, 11 Februari 2009

 

Telkomsel kembali mendapat pengakuan sebagai yang terbaik dari ajang bergengsi Top Brand Award 2009 untuk kedua produk SIM Card-nya, yakni simPATI (prabayar) dan kartuHALO (paskabayar) sebagai kartu pilihan utama selama sepuluh tahun berturut-turut (2000-2009) sejak award ini diadakan. Keberhasilan mempertahankan predikat ini membuat Telkomsel berhak memperoleh predikat “Top of The Top” dalam merek-merek terbaik.

 

Penghargaan Top Brand 2009 didasarkan dari hasil survei lembaga survei independen Frontier Consulting Group dan Majalah Marketing terhadap merek-merek pilihan masyarakat dengan 3 parameter, yakni: mind share, market share, dan commitment share. Berdasarkan parameter tersebut diperoleh indikator kekuatan merek yang disebut TBI (Top Brand Index).

Survei Top Brand 2009 dilakukan setiap tahun terhadap 3.000 responden yang tersebar di 6 kota besar Indonesia (Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Medan, dan Makassar) yang melibatkan responden dari berbagai usia (15-65 tahun) dan lapisan masyarakat dari tingkat sosial ekonomi A hingga E.

 untuk lengkapnya lihat disini yaaa ====>>>>>rilis telkomsel

7 thoughts on “Contoh Press Release

  1. Terima kasih atas blog yg berharga ini, saya sbg seorang marketing jg wajib tahu ttg ilmu marketing communication termasuk how to make a good press release.

    semoga blog ini semakin berjaya dan semakin dikenal org😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s