Tips menjadi penulis profesional

Tips menjadi penulis profesional

Beberapa hari lalu saya menulis tentang bagaimana mengatasi hambatan menulis. Kini saya sertakan tips lain yang saya peroleh dari pelatihan Professional Writing. Semoga dapat membantu Anda menulis profesional. Semoga bermanfaat ya…..^_^

  1. Teknik clustering

Teknik ini ditemukan oleh Dr. Gabriele L. Rico dengan mengembangkan teknik “mind mapping” (pemetaan pikiran) temuan Tony Buzan. Disamping memanfaatkan kerja otak kiri dan kanan, Dr. Rico memanfaatkan “jembatan” yang menghubungkan antara dua belahan itu yang disebut “corpus callosum”. Menulis yang baik memang harus menggunakan dua belahan otak atau mengaktifkan “corpus callosum”.

Teknik clustering cocok digunakan untuk membuat ide yang biasa saja menjadi ide yang hebat, kaya, dan powerfull. Ide yang dahsyat tentu ditopang oleh kepemilikan bahasa yang sangat kaya dan beragam atau Hernowo menyebutnya bahasa yang “bergizi”. Untuk memiliki bahasa yang bergizi, tentu saja seorang penulis harus rakus membaca buku yang “bergizi” pula. Nah metode clustering ini baru efektif jikasi pengguna memiliki kekayaan bahasa.

Selain bahasa, segi materi juga penting untuk memperkaya bahasa yang dibuat. Jika ide itu baru muncul maka tidak perlu dilakukan pengembangan dan pemerkayaan. Dengan teknik “clustering” ide itu bisa dibuat bercabang-cabang. Artinya, seorang pengguna teknik ini memberikan cabang-cabang dari ide awal dalam bentuk tulisan. Lalu tulisan perkelompok itu disimpan. Pengembangan ide perlu kesebaran dan ketelatenan. Jika macet, harus berhenti. Ada kemungkinan pengembangan atau penulisannya dilanjutkan pada waktu yang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s