Dahsyatnya Kandungan Buah Kurma

Subhanalloh, sungguh besar kekuasaan Allah. Allah ceritakan semua yang telah terjadi dan yang akan terjadi berabad-abad setelah Alquran diturunkan. Seluruh aspek mulai dari Aqidah, akhlaq, teknologi bahkan kesehatan Allah ceritakan dalam AlQuran sebagai petunjuk orang-orang yang beruntung.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman.

“Artinya : Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu kearahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah, ‘Sesungguhnya aku telah bernadzar berpuasa untuk Rabb Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari ini” [QS: Maryam : 25-26]

Salah satunya adalah kurma. Kurma adalah sejenis tumbuhan palem (palma) atau dalam bahasa latinnya phonex dacfylifer yang berbuah dan boleh dimakan baik dalam keadaan masak/masih mentah. Berdasarkan penelitian, kurma kaya dengan protein, serat gula, vitamin A dan C serta mineral seperti zat besi, kalsium, sodium dan potasium.

Dalam jurnal lain ditemukan, Vitamin A membantu sel bereproduksi secara normal, sebuah proses yang disebut diferensiasi. Sel-sel yang tidak berdiferensiasi dengan seharusnya bisa berubah menjadi pra-kanker. Vitamin A juga diperlukan untuk penglihatan. Vitamin A menjaga kesehatan sel pada berbagai macam struktur mata dan diperlukan untuk transfer cahaya menjadi tanda-tanda syaraf di retina, selain itu Vitamin A diperlukan untuk pertumbuhan normal dan pengembangan embrio dan janin, memengaruhi gen yang menentukan rangkaian perkembangan organ-organ pada perkembangan embrio.

Adapun Vitamin C berfungsi mencegah sariawan dan gusi berdarah,dengan cara pembentukan kolagen. Fusion dalam Blognya menyatakan, jika asupan vitamin C kurang, pembentukan kolagen terganggu, sel-sel pun enggan melekat, dan penyakit-penyakit luka jadi sukar sembuh. Pada pria, dampak lanjut kekurangan vitamin c adalah menurunnya kesuburan dan meningkatnya resiko kerusakan gen pada sperma yang dapat menyebabkan cacat pada bayi. Fungsi vitamin C banyak sekali, mencapai 300 fungsi, fungsi dasarnya meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan penyakit, dan membantu penyembuhan tubuh. Fungsi utama dari vitamin C sebagai antioksidan yaitu menetralkan racun dan radikal bebas dalam darah maupun cairan sel tubuh.

Kandungan lain dalam kurma adalah zat besi, zat besi adalah bagian penting dari hemoglobin, protein pengangkut oksigen dalam darah.  Tanpa zat besi, darah tak dapat membawa oksigen dengan efektif. Oksigen diperlukan oleh setiap sel tubuh agar dapat berfungsi secara normal. Sementara Kalsium berfungsi menghindarkan kita dari sekitar 200 penyakit akibat kekurangan kalsium seperti nyeri otot tulang, osteoporosis, kekebalan tubuh berkurang, daya ingat berkurang, gangguan dalam jantung dan lain-lain.

Kandungan protein di dalam kurma sebesar 1,8-2,0 persen, serat: 2,0 – 4,0 persen dan gula sebesar 50-70 persen glukosa. Dengan kandungan gula seperti itu, kurma mampu memberi tambahan tenaga orang yang berbuka puasa hingga ia akan merasa segar dan bertenaga tanpa rasa letih/ mengantuk.

Zat gula yang ada dalam kurma berbeda dengan gula pada buah-buahan lain seperti gula tebu/ gula pasir yang biasa mengandung sukrosa dimana zat itu langsung diserap tubuh. Hal ini membuat gula itu harus dipecahkan terlebih dahulu oleh enzim sbelum berubah menjadi glukosa. Sebaliknya, kurma tidak membutuhkan proses demikian. Ada juga zat yang bernama potasium yang berguna untuk mngatasi masalah stres, sembelit, dan lemah otot.

Subhanalloh, banyak sekali manfaat buah kurma bagi kesehatan tubuh manusia, betapa besar kenikmatan dan ilmu yang Allah berikan dari segala sesuatu yang Allah ciptakan, jadi, yang kurang suka buah kurma, usahakan suka yaa…biar kita punya tambahan nutrisi yang memadai.^_^

2 comments on “Dahsyatnya Kandungan Buah Kurma

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s