Jenis-jenis tulisan jurnalistik

salah satu alat perangku dalam berjurnalistik

salah satu alat perangku dalam berjurnalistik

Berbeda dengan teori kebanyakan, Bambang trim, editor professional yang telah merilis bayak buku best seller mengatakan jenis Tulisan pada umumnya ada tiga yaitu tulisan fiksi, nonfiksi dan faksi (fakta & fiksi). Adapun faksi menurutnya adalah tulisan yang mencampurkan antara fakta dengan khayalan. Tulisan faksi pada media masa bisa ditemui dalam puisi, atau cerpen, dan lain-lain.

Naskah jurnalistik termasuk kepada jenis tulisan nonfiksi karena ditulis berdasarkan tulisan, data dan fakta, bukan hasil khayalan. Naskah jurnalistik dibagi kedalam tiga kelompok besar, yaitu berita (news), opini atau pendangan (views), dan karangan khas (feature).

A. BERITA

Berita (news) adalah laporan peristiwa berupa paparan fakta dan data tentang peristiwa yang terjadi. Berita yang bagus mengandung nilai penting, aktual, faktual dan menarik. Memiliki unsur khas yaitu 5W+1H : What (apa yang terjadi), Who (Siapa pelaku atau orang yang terlibat), Why (kenapa hal itu terjadi), When (Kapan Kejadiannya), Where (di mana terjadinya), dan How (bagaimana proses kejadiannya). Jenis berita diantaranya berita mendalam (depth news), menggabungkan dengan opini (opinion news), dan berita foto. Struktur berita terdiri dari judul (head), baris tanggal (dateline), teras berita (lead), dan isi berita (body).  

B. OPINI

Opini adalah tulisan yang berisi pendapat atau pandangan (views) yang sifatnya subjektif mengenai suatu masalah atau peristiwa. Jenis-jenis opini antara lain artikel opini (article), kolom (column), tinjauan (essay), tajukrencana (editorial atau opini redaksi), surat pembaca (letter to be editor), karikatur, dan pojok. Isi tulisan berupa pendapat pribadi penulis berdasarkan fakta ataupun ungkapan pemikiran semata. Struktur Tulisan terdiri dari Judul (head), Penulis (by line), Pembuka (opening), Pengait (bridge), Isi Tulisan (body), dan Penutup (closing).

C. FEATURE

Feature (karangan khas) adalah laporan jurnalistik bergaya sastra (gaya penulisan karya fiksi seperti cerpen) yang menuturkan peristiwa. Isinya penonjolan segi (angle) tertentu dalam sebuah peristiwa, biasanya unsur yang mengandung human interest, yakni memberikan penekanan pada fakta-fakta yang dianggap mampu menggugah emosi-keharuan, simpati, kegembiraan, atau bahkan amanah atau kejengkelan. Mengedepankan unsur hiburan ketimbang informasi, biasanya menggunakan “kata berona” (colorfull word) untuk menambah daya tulisan. Jenis-Jenis Feature antara lain feature berita (news feature), feature artikel (article feature), tips (how to do it feature), feature biografi, feature perjalanan atau petualangan (catatan perjalanan), dan sebagainya.

D. RESENSI

Secara bahasa resensi artinya perbincangan atau pertimbangan mengenai sebuah buku. Referensi berisi tentang kelebihan atau kekurangan sebuah buku, menarik-tidaknya tema dari isi buku itu, kritikan, dan memberi dorongan kepada khalayak tentang perlu tidaknya buku tersebut dibaca dan dimiliki atau dibeli. Selain resensi buku, ada pula resensi film dan resensi pementasan drama.

E. KOLOM

Kolom (column) adalah sebuah rubrik khusus para pakar yang berisi karangan atau tulisan pendek, yang berisikan pendapat subjek penulisnya tentang suatu masalah. Isinya hanya pendapat, berbeda dengan artikel yang berisi pendapat namun disertai tuturan data, fakta, berita atau argumentasi berdasarkan teori keilmuan yang mendukung pendapatnya tentang suatu masalah. Naskah kolom tidak memiliki struktur tertentu, tetapi langsung berisi tubuh tulisan, yakni berupa pengungkapan pokok bahasan dan pendapat penulisnya.

F. TAJUK

Tajuk rencana atau yang biasa disebut tajuk dikenal sebagai induk karangan sebuah media massa. Bisa juga disebut opini redaksi, yakni penilaian redaksi sebuah media tentang suatu peristiwa. Merupakan “jati diri” atau identitas sebuah media massa. Melalui tajuklah redaksi media tersebut menunjukkan sikap atau visinya tentang sebuah masalah aktual yang terjadi di masyarakat.

G. ESSAI

Pengertian Esai dalam KBBI adalah karangan prosa (karangan bebas) yang membahas suatu masalah secara sepintas lalu dari sudut pandang pribadi penulisnya. Esai dikenal dalam tiga dunia yaitu dunia jurnalistik, akademis dan sastra/seni. Sedikitnya ada tiga jenis esai: narastif, deskriptif, dan persuasif. 

H. TULISAN ILMIAH

Tulisan ilmiah dikenal sebagai “tulisan akademis”(academic writing). Memerlukan kalimat tesis, premis, dan hipotesis, diikuti “kerangka berpikir” untuk diuraikan lagi dalam beberapa bab dengan riset mendalam. Metodologi penelitian dan devisa mesti bisa diuraikan dengan jelas. Jenis tulisan ilmiah : disertasi, tesis, skripsi, dan artikel-artikel dalam jurnal-jurnal ilmiah.

I. TULISAN ILMIAH POPULER

Ilmiah popular yaitu tulisan ilmiah yang ditulis dengan gaya penyajian artikel popular atau gaya jurnalistik yang mengedepankan unsur informasi, keumuman, dan mudah dimengerti. Tulisan ilmiah popular bisa juga diartikan sebagai tulisan ilmiah yang disusun dengan menggunakan bahasa jurnalistik (language of mass communication). Prinsipnya, menulis artikel ilmiah popular sama dengan menulis artikel popular biasa  -proses kerja intelektual yang membutuhkan keahlian khusus (writing technique), latihan, kejelian, daya nalar, wawasan, referensi, etika, waktu, dan kesabaran.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s